Interior Dan Pencahayaan Baik, Kunci Kontirbusi Maksimal Karyawan Dengan Kesehatan Mata Terjaga

Bekerja disebuah ruangan dengan waktu yang cukup lama pasti sangatlah menguras tenaga, fikiran, dan stamina tubuh. Hampir semua waktu dihabiskan didalam kantor. Waktu yang cukup dihabiskan didalam kantor. Oleh karena itu sebaiknya ciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman. Lingkungan yang baik bukan saja menambah betah karyawan tetapi juga mampu meningkatkan produktifitas kerja. Berikut adalah beberapa hal yang mampu meningkatkan kesehatan dan produktifitas karyawan berhubungan dengan interior kantor.

Pencahaan Yang Baik

Pencahayaan yang baik bisa dihasilkan dari lampu atau cahaya matahari. Tetapi, sebaik-baik sesuatu adalah yang berasal dari alam. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa lebih baik mengutamakan sinar cahaya matahari ketimbang cahaya lampu. Lampu digunakan sebagai penerang dimalam hari atau sore hari. Selain menghemat energi, kesehatan karyawan juga tetap terjaga.

Buatlah cahaya masuk dengan baik tanpa membakar kulit para pegawai. Vertical blind bisa dipasang dijendela. Benda ini dapat digunakan untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk. Intensitas dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Cahaya mampu memicu perkembangan serotonin dengan maksimal. Serotonin mampu membuat karyawan merasa bahagia dan melupakan beban kerja yang tinggi.

Meja Berdiri

Aktifitas yang dilakukan secara terus menerus memang sangat melelahkan. Duduk berjam-jam atau berdiri berjam-jam sama melelahkannya. Lalu bagaimana kalau kedua hal ini dilakukan secara bergantian? Pasti hasilnya sangat menyenangkan. Otot dapat sesekali dilenturkan dengan berdiri dan sesekali diistirahatkan dengan duduk.

Kantor-kantor terkenal seperti google, twitter, dan apple telah menerapkan hal ini. Meja berdiri bagi para karyawannya. Hal ini bertujuan agar karyawan memiliki variasi dalam mengerjakan beberapa pekerjaan. Jadi tidak selalu duduk tetapi juga dapat sambil berdiri.

Tanaman Diruangan

Tanaman ternyata mampu meningkatkan fokus, mengurangi strees dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja. Jadi taruhlah tanaman diruangan kerja karyawan anda. Mata yang lelah juga dapat di istirahatkan beberapa saat dengan melihat tanaman hijau. Sebaiknya gunakan tanaman yang tahan terhadap kering. Sehingga tidak harus disiram setiap hari.

Tempat Istirahat

Kegiatan istirahat sebenarnya bisa dilakukan di cafetaria saat jam istirahat. Tempat istirahat atau rehat yang dimaksud berbeda. Ruangan ini khusus didesain dengan tujuan memberikan keleluasaan karyawan saat beristirahat sejenak. Gunakan interior seperti sofa nyaman dan meja, serta majalah. Jangan sediakan alat games pada ruangan ini. Karena bisa membuat karyawan lupa waktu dan lupa pekerjaan. Alih-alih meningkatkan produktifitas pekerja justru palah menurunkan produktifitas.

Baca juga: 5 Tips Mendapatkan Harga Wallpaper Murah Dan Berkualitas

Daripada videogame, buku justru lebih bermanfaat. Biarkan karyawan beristirahat sejenak sambil mengisi otak dengan nutrisi kebahagiaan dan pengetahuan. Buku tidak harus tentang bisnis yang dijalankan tetapi bisa diisi dengan berbagai majalah atau buku fiksi.

Partisi Ruangan yang Bersih

Ruangan kantor seharusnya memberikan kesan nyaman dan luas. Sekat ruangan yang dipilih harus bisa menghadirkan hal tersebut. Gunakan partisi yang terbuat dari kaca sehingga ruangan tidak terlihat sempit. Partisi dari kaca yang dipilih sebaiknya berwarna bening.

Beberapa hal mengenai interior kantor sehat dapat diterapkan pada ruangan kantor masing-masing. Salah satu faktor utama yang harus diperhatikan adalah pencahayaan. Pada cahaya lampu sebaiknya gunakan lampu yang dari elektronik ballast. Lampu ini mampu memberikan sinar yang maksimal pada ruangan dibandingkan lampu jenis lain.

Selain lampu, cahaya matahari juga tidak boleh diabaikan. Sebaiknya beli benda dari toko yang jual vertical blind murah untuk dipasang pada jendela kantor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *